01 September 2009

WAKTU YANG BAIK UNTUK “BELAJAR”

Termasuk hikmah dari Allah bahwasanya tingkatan semangat seseorang, motivasi, keinginan, dan konsentrasinya untuk mencari ilmu berbeda-beda. Itulah sebabnya, sebagian orang merasakan kenikmatan jiwa yang menakjubkan, cepat paham, dan kuat dalam menghafal pada waktu-waktu tertentu dibandingkan dengan waktu-waktu yang lain.
Al-Khatib Al-Baghdadi berkata, “Waktu yang paling baik untuk menghafal adalah waktu sahur, ditengah hari, kemudian di pagi hari. Menghafal di waktu malam lebih baik daripada waktu siang, dan waktu lapar lebih baik daripada waktu kenyang.”
Imam Ibnu Jamaah berkata, “Waktu yang paling baik untuk menghafal adalah waktu sahur, waktu pagi untuk penelitian, tengah hari untuk menulis, dan malam hari untuk membaca.”
Khalil bin Ahmad berkata, “Waktu pikiran yang paling jernih adalah waktu sahur.”
Ibnu Jauzi mengatakan bahwa ketika kekuatan semakin lemah, maka dibutuhkan penyegaran. Ketika menulis, membaca, dan mengarang tetap dibutuhkan, dan lebih penting lagi adalah menghafal, maka waktunya harus dibagi menjadi dua, yaitu menghafal diawal pagi dan malam. Dan sisa waktunya dibagi untuk menulis, membaca, serta istirahat dari hal-hal yang mubah.
Dari pihak menulis berpendapat bahwa waktu yang paling baik untuk belajar adalah waktu sahur. Namun, bagi anda yang sekiranya susah untuk bangun di malam hari, kami sarankan anda belajar sebelum tidur dan mengulanginya kembali ketika bangun tidur di pagi hari. Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar